ASI · Bayi

3 Tips Sukses ASI Eksklusif

premature-babies-breast-milk-is-best-pic1Kehadiran buah hati di dalam keluarga merupakan dambaan siapa saja yang telah menikah. Kelahiran seorang baby sudah pasti sangat dinanti-nantikan. Mulai dari detik-detik mengharukan tentang kepastian kehamilan, proses mengandung, dan sampai melahirkan.

Tetapi setelah lahir, ada beberapa kendala yang seringkali dihadapi oleh seorang ibu. Air susu ibu (ASI) sulit keluar. Meskipun ada keluarnya tidak seberapa. Tidak jarang hal ini membuat ibu frustasi dan memutuskan untuk memberi buah hati susu formula.

Berikut tiga kunci sukses bagaimana cara ibu dapat memberikan ASI ekslusif kepada buah hati.

  1. Tekad Kuat

Kelahiran baby si buah hati tercinta merupakan suatu kemenangan bagi sang ibu. Menang atas perjuangan selama sembilan bulan lebih. Kemudian melahirkan baik dengan cara normal ataupun cesar. Setelah melahirkan apakah seorang ibu langsung bisa menyusui si buah hati? Ada yang bisa terkadang juga tidak bisa langsung bisa memberi ASI.

Ibu ku sayang, ASI memang tidak serta merta keluar setelah lahirnya baby. hanya beberapa ibu yang beruntukung ASI-nya bisa langsung keluar. Untukuk itu bayi diciptakan dengan kemampuan bertahan hidup tiga hari tanpa makan dan minum. Pada masa tiga hari itulah saat yang tepat untukuk ibu dan baby belajar menyusui.

Sabar ya ibuku sayang. Awal menyusui memang tak seindah yang dibayangkan. Seminggu pertama memang sakit sekali rasanya. Puting yang lecet ketika pori-pori payudara baru terbuka. Sakit semakin bertambah setiap kali si baby belajar menghisap puting payudara. Terkadang saking sakitnya tak terasa air mata mengalir menahan luka yang disedot-sedot demi mengucurnya ASI.

Ingatlah penantian sembilan bulan yang sudah ibu lalui. Ingatlah betapa sakitnya proses melahirkan. Ibu sudah mampu melewati itu semua. Seminggu menahan sakit demi ASI yang melimpah itu tak seberapa. Dengan tekad yang kuat yakinlah ibu pasti bisa. Ibu terlahir sempurna dengan kemampuan alami untukuk hamil melahirkan dan menyusui. Banyak solusi untuk mengatasi lecet puting payudara di awal menyusui. Jika ibu memang berkomitmen untuk ASI eksklusif, hal itu tidak berarti apa-apa demi si buah hati.

  1. Keyakinan Ibu terhadap ASI

Banyak ibu yang tidak percaya bahwa dia mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk baby nya. Ketidakpercayaan ini justru yang membuat ibu stres dan menurunkan produksi ASI.

Kadang juga ada ibu yang kecewa karena anaknya tumbuh tidak seperti anak lainnya seusinya yang gendut seperti anak tetangga yang diberi susu formula. Yakinlah Ibu mampu menghasilkan ASI yang cukup dan tentu dengan usaha-usaha untuk memperlancar ASI. (Baca juga: Tips cara memperlancar ASI).

Yakinlah ASI yang terbaik bagi si buah hati. (baca: Manfaat ASI bagi bayi) Banggalah bahwa anak ibu bisa tumbuh kembang enam bulan hanya bergantung pada air susu yang ibu hasilkan. Banggalah karena ibu adalah wanita sempurna di dunia yang mampu memberi makanan terbaik bagi bayi si buah hati tercinta.

Keyakinan ibu terhadap ASI akan mampu menangkal semua bisikan negatif tentang ASI. Tegakah ibu memberikan susu formula yang ibu tidak tahu pasti tentang kandungan dan proses pembuatannya (baca: rahasia produksi susu formula yang perlu diketahui ibu).

  1. Komitmen Bersama Ayah dan Keluarga Terdekat

Apakah si ayah termasuk melarang ibu menyusui baby di tempat umum? Padahal tak selama nya ibu dan baby bisa berada di rumah. Ketika mau pergi imunisasi atau keperluan lainnya, terkadang ibu terpaksa menyusui baby di ruang terbuka. Sehingga ada sebagian ibu yang kemudian memberi susu formula. Banyak solusi dan trik menyusui baby meskipun sedang berada di tempat umum. Peran ayah dalam menyukseskan program ASI ekslusif sangat diperlukan.

Rasa cinta kepada si buah hati dapat mengalahkan segalanya untuk tetap memberinya ASI dimana pun berada. Ibu harus meyakinkan ayah, nenek, kakek dan keluarga terdekat lainnya tentang pentingnya ASI bagi si buah hati.

Air susu ibu adalah hak setiap baby. Jangan sampai baby kehilangan hak untuk mendapatkan ASI hanya karena ibu tidak mau sedikit merasa sakit di awal dan kurang memiliki komitmen kuat untuk memberinya kepada si buah hati.

Iklan

Satu respons untuk “3 Tips Sukses ASI Eksklusif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s