Bayi · MP ASI

5 Tips Memberi MP ASI Pertama ke Bayi

BabyFood
chep.org

Horeee…Bulan depan baby sudah memasuki usia 6 bulan.

Saatnya memberi MP Asi kepada si buah hati. Ibu-ibu pasti repot menyiapkan makanan pendamping (MP) ASI dengan semua peralatannya.

Terlebih jika baby adalah anak pertama. Ibu sibuk browsing resep MP ASI yang lagi hits.hehehe

Jangan sampai saking sibuknya ibu dengan resep MP ASI malah melupakan hal dasar yang menjadi panduan agar bayi sukses melahap mp asi.

Berikut panduan pintar agar sukses memberikan makanan pendamping ASI kepada baby.

  1. Pilih waktu yang tepat

Selamat datang ibu di dunia MP ASI dengan segala dilemanya. Sebelum mempersiapkan semuanya pastikan dulu bahwa bayi ibu siap untuk menerima suapan pertamanya.

Bayi harus bisa duduk dengan baik sambil bersandar dengan kepala tegak dan stabil. Posisi ini diperlukan bayi agar bisa menyimpan makanan dalam mulut kemudian menelan dengan baik.

Bayi juga harus ada ketertarikan pada makanan, jadi penting untuk ibu membuat suasana hati bayi menjadi senang sebelum pemberian makan dimulai.

Kalo bayi mengantuk atau menangis jangan dibujuk atau dipaksa untuk makan dulu ya bu.

  1. Kenalkan satu per satu jenis bahan makanan

Beragamnya resep MP asi memang terkadang membuat kita tergoda untuk mempraktekkan nya langsung.

Namun sebaiknya ibu memperkenalkan makanan satu per satu kepada bayi. Supaya bayi bisa mengenal rasa unik dari setiap bahan makanan. Dan juga ibu bisa melihat apakah bayi alergi terhadap bahan makanan tersebut.

 

Saya sarankan untuk memperkenalkan jenis sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Karena biasanya jika bayi sudah mencicipi rasa manis dari buah, dia enggan untuk mencicip rasa tawar dari sayur.

Misalnya ibu bisa membuat pure wortel, pure labu siam dan sayuran lainnya. kalau untuk memperkenalkan buah saya lebih suka membiarkan lila memegang sendiri buah nya. Misalnya jeruk, apel, semangga, mangga dll.

Namun harus dipastikan kebersihan tangan dan meja/alas nya ya bu. Hati-hati jangan sampai tersedak.

Untuk memperkenalkan protein, saya lebih suka membuat kaldu nya terlebih dahulu. Ketika ingin memperkenalkan ayam saya membuat ayam yang diblender halus dengan kaldunya. Begitu juga untuk pengenalan daging sapi, ikan, dll.

Fase pengenalan ini hanya berlangsung paling lama 2 minggu atau sampai ibu yakin bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu. Setelah itu silahkan ibu mempraktekan resep mix and match MP ASI dengan penuh cinta

 

 

  1. Perhatikan jumlah, tekstur dan frekuensinya

Si baby suka sama MP Asi yang ibu berikan??? Duh bahagia pastinya. Rasa lelah ibu tersapu bersih sebersih mangkok makan bayi.

Eits jangan terlalu bahagia bu, pastikan jumlah dan frekuensi MP Asi nya sudah sesuai. MP ASI pertama sebaiknya diberikan 1-2 kali sehari dengan porsi 2-3 sdm.

Jika ibu terlalu banyak memberikan Makanan kepada bayi dikhawatirkan pencernaan bayi akan mengalami masalah dan berakibat pada sembelit atau bahkan diare.

Tekstur makanannya sebaiknya cair kental atau biasa disebut pure. Ibu bisa menambahkan ASI atau air putih untuk membuat pure.

Jumlah tekstur dan frekuensi MP ASI bisa ditambah sesuai umur bayi. Saat umur 9 bulan berikan 125ml (setengah mangkok) dengan frekuensi 3 kali makanan utama dan 2 kali selingan. Jika bayi sudah diatas 1 tahun berikan porsi 250ml (satu mangkok) dengan frekuensi 3-4 kali makanan utama dan 2 kali selingan.

Sedangkan untuk teksturnya bisa ditingkatkan menjadi bubur kental hingga umur 9 bulan. Dan jika sudah diatas 9 bulan bisa diberikan makanan cincang hingga makanan lunak sampai umur 1 tahun.

Satu hal penting yang harus ibu ingat terkstur menyesuaikan dengan jumlah gigi yang tumbuh. Jika umur 9 bulan bayi belum mempunyai gigi (seperti lila, hahaha) sebaiknya tetap diberikan bubur kental.

 

  1. Hindari penggunaan garam, gula dan perasa lainnya

 

Bayi harus mampu mengenal rasa asli dari setiap bahan makanan. So menambahkan garam, gula atau perasa lainnya hanya akan merusak proses pengenalannya.

 

Selain itu ginjal bayi belum dapat menyaring bahan tersebut secara sempurna. Anak yang lidahnya sudah tercemar akan perasa makanan biasanya cenderung memilih milih makanan di kemudian hari.

 

Namun jangan bersedih hati bu, karena ibu boleh menambahkan sedikit gula garam jika bayi sudah berusia setahun.

 

  1. Ajarkan tata cara makan yang baik

 

Bayi yang terlatih makan dengan tata cara yang baik mempunyai ketertarikan pada makanannya sehingga mempermudah ibu dalam proses menyuapi si buah hati.

Biasakan bayi anda makan dalam keadaaan duduk, jika tidak nyaman boleh juga dipangku. Selama proses makan ibu harus aktif merespon anak dengan senyuman, kata-kata yang mampu membuat hatinya senang.

Menyuapi dengan penuh kesabaran. Dan sesekali biarkan baby memegang dan memasukkan makanannya sendiri kedalam mulutnya.

Memberikan makanan dengan mengalihkan perhatiannya misalnya sambil menonton TV, jalan-jalan di halaman, atau bahkan sambil berlari-lari terkadang cukup efektif untuk membujuknya untuk menerima suapan MP ASI.

Ibu pasti punya cari tersendiri untuk membujuk si kecil agar lahap menyantap MP ASI yang sudah ibu buat. Selamat mencoba J

Oh ya satu lagi, usahakan untuk membuat MP ASI sendiri ya bu meskipun di pasaran sudah banyak bertebaran MP ASI instan yang sangat mudah didapat. Perjuangan ibu dengan membuat MP ASI sendiri akan terasa lebih manis dibandingkan dengan membeli hasil produksi pabrik.

Bagaimana pengalaman ibu memberi MP ASI kepada si buah hati?

Iklan

2 respons untuk ‘5 Tips Memberi MP ASI Pertama ke Bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s