Ibu Hamil · Keluarga

Ingin Cepat Hamil? Penuhi Panduan Berikut Ini

cara-cepat-hamil.jpgNggak melulu harus makan kecambah untuk meningkatkan kesuburan dan bisa cepat hamil. Dulu sebelum hamil pun saya terlalu semangat makan kecambah, sampai pernah membuat tumisan sayur yang isinya kecambah semua hehe.

Akhirnya saya tergerak untuk membuka kembali ilmu yang pernah saya pelajari waktu kuliah. Berusaha untuk mencari tahu zat gizi apa saja yang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Cocok bagi keluarga baru yang ingin segera memiliki keturunan.

Prinsipnya diet program hamil ini bertujuan untuk menyeimbangkan hormon, meningkatkan kesuburan serta mempersiapkan tubuh untuk menghadapi kehamilan.

Cobalah memenuhi menu sehari-hari anda dan suami dengan zat gizi berikut ini :

1. Zinc untuk Sperma yang berkualitas

Zinc dibutuhkan untuk pembentukan sperma, motilitas sperma dan metabolissme hormon pada pria. So, pastikan anda dan suami tidak kekurangan zinc dalam menu makanan sehari-hari.

Selain itu zinc juga berperan pada kesuburan wanita yaitu dalam hal pembelahan sel selama proses pematangan telur dan menghentikannya setelah pembuahan.

Secara alami zinc terkandung dalam makanan seperti tiram, kepiting, daging

 2. Vitamin E simbol vitamin kesuburan

Vitamin E adalah antioksidan yang sangat berperan untuk meningkatkan kekuatan gerak sperma untuk memasuki sel telur, juga untuk regenerasi jaringan testis.

Vitamin E juga berfungsi untuk melindungi sperma dari radikal bebas karena sel sperma sangat sensitif pada paparan polusi sehingga mudah rusak.

Sedangkan bagi wanita vitamin E berperan dalam menghambat perusakan dan penuaan sel telur. Vitamin E juga mampu mencegah keguguran karena berperan dalam menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta.

Vitamin E bukan cuma terdapat pada kecambah, zat ini juga terdapat pada sayuran hijau tua, kuning telur, kacang-kacangan, bekatul gandum, dan mentega.

  1. Vitamin B6 dan B12

Vitamin B6 berperan dalam kesuburan wanita karena mampu menyeimbangkan hormon erterogen dan progesteron sehingga membuat peluang kehamilan menjadi lebih besar.

Vitamin B6 banyak ditemukan di pisang telur, ayam, wortel, dan beras merah

Sedangkan vitamin B12 berperan dalam kesuburan pria karena dapat meningkatkan kualitas sperma. Sumber vitamin B12 bisa dijumpai dalam susu, ikan dan hati.

 

  1. Zat besi

Cobalah anda memeriksa kadar Hb di dalam tubuh karena wanita yang mengalami anemia akibat kekurangan zat besi akan menurunkan peluang untuk hamil.

Fungsi utama zat besi adalah untuk mengangkut oksigen dalam darah ke sel-sel yang membutuhkan untuk metabolisme glukosa, lemak dan protein menjadi energi.

Selama menjalani program hamil zat besi diperlukan untuk membantu proses pembentukan sel ovum dan pembuahan ovum oleh sperma.

Contoh makanan yang mengandung zat besi adalah daging sapi, ayam, hati, tahu tempe, dan sayuran hijau. Namun jika anda mengalami anemia sebaiknya anda juga minum suplemen zat besi (tablet Fe).

  1. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam pembentukan hormon LH (lutenizing hormone) dan FSH (folicle stimulating hormon) yang diperlukan dalam pembentukan sel telur.

Wortel mungkin yang pertama kali anda pikirkan sebagai sumber vitamin A. Selain itu susu, telur, hati, mangga, semangka, tomat juga kaya akan vitamin A.

 

Semakin makan makanan di atas, agar cepat hamil perlu dibarengi dengan usaha dan berdoa meminta kepada Yang Maha Kuasa untuk memberi keturunan kepada kita. Semoga usaha ibu dan ayah berhasil ya.

sumber gambar

Iklan

2 respons untuk ‘Ingin Cepat Hamil? Penuhi Panduan Berikut Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s