Dewasa

Jangan Sepelekan Dehidrasi Ringan, Ini Bahayanya Jika Diabaikan

dehydration2
Jangan sepelekan dehidrasi

Orang dewasa lebih rentan mengalami dehidrasi ringan. Aktivitas seharian di dalam ruangan membuat kita lupa untuk minum. Terlebih di ruang ber-AC, rangsangan untuk minum sering kita abaikan. Kita selalu merasa sudah cukup minum padahal tidak.

Pertanyaannya pernahkah anda menakar jumlah air putih yang anda minum sehari-hari?

Dua liter atau delapan gelas per hari itu adalah jumlah minimal. Jika anda banyak aktifitas, atau selalu berada di ruangan AC lebih dari delapan jam, maka kebutuhan air anda lebih dari dua liter.

Seringkali ketika kepala terasa sakit, kita minum obat. Padahal penyebabnya kekurangan cairan (dehidrasi ringan). Cukup dengan minum air putih dan tidak perlu minum obat.

Dehidrasi merupakan gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh yang terjadi karena pengeluaran cairan yang berlebihan atau lebih banyak daripada masuknya cairan. Kategori dehidrasi terbagi atas:

Dehidrasi ringan : penurunan cairan tubuh sebesar 5%;

Dehidrasi sedang : penurunan cairan tubuh hingga 5-10%; dan

Dehidrasi Berat : penurunan cairan tubuh hingga 10-15%

Dampak dari kehilangan cairan tubuh dapat mengganggu berbagai kinerja dari sistem tubuh. Bahkan pada tingkat berat, dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan bahkan kematian. Enam puluh persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Kebutuhan cairan harus menjadi fokus kita. Orang dewasa yang sehat pun rentan terkena dehidrasi. Penting sekali untuk anda mengenali tanda awal dehidrasi ringan.

Berikut tanda-tanda Anda menderita dehidrasi ringan:

  1. Urin bewarna kuning gelap

Sedikit saja kekurangan cairan tubuh akan sangat berpengaruh. Sayangnya tidak ada alat medis yang dapat mengukur tingkat cairan tubuh. Indikatornya yang baik adalah warna urin. Ayo selalu perhatikan warna urin mu.

Jika urin bening (tidak berwarna) itu berarti tubuh kita terhidrasi dengan baik (cukup mendapat cairan), sedangkan jika urin berwarna kuning atau gelap ini menandakan anda mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan respon tubuh yang menghemat penggunaan air. Sehingga jumlah urin menjadi sedikit dan berwarna kuning.

  1. Lemas dan Sakit Kepala

Kekurangan cairan akan mengganggu peredaran darah di dalam tubuh. Kita semua tahu di dalam darah terdapat oksigen dan nutrisi untuk seluruh tubuh.

Jika kekurangan air, darah akan menjadi kental dan alirannya menjadi lambat. Sehingga tubuh menjadi lemas. Dan suplai oksigen ke otak berkurang sehingga kita menjadi pusing.

  1. Kulit tidak berkeringat dan kering

Air diperlukan untuk melembabkan kulit, mencegah luka pada kulit, dan mengatur suhu tubuh. Jika dalam kondisi cuaca yang panas, kulit akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Namun jika kita dalam keadaan dehidrasi maka tubuh tidak akan mengeluarkan keringat karena respon tubuh akan menghemat air. Sehingga kulit menjadi kering. Coba gores kulit anda dengan menggunakan jari. Jika goresan meninggalkan garis putih, itu tandanya anda mengalami dehidrasi ringan.

  1. Bibir kering

Bibir adalah bagian luar tubuh yang memiliki lapisan kulit yang tipis. Cairan dibibir menguap 10x lebih cepat dari bagian kulit yang lain. Bibir kering dan pecah-pecah merupakan tanda awal tubuh kekurangan cairan.

Solusinya bagaimana? Seringkali kita membasahinya dengan air liur. Kebiasaaan membasahi bibir menggunakan air liur justru akan membuatnya semakin kering. Karena air liur menghilangkan kelembaban bibir. Solusinya hanya menambah cairan tubuh (minum).

Sayangi dirimu, jangan biarkan tubuhmu kekurangan air. Kenali tanda dehidrasi ringan dan takar jumlah air yang masuk ke tubuhmu. Saya pribadi sudah terbiasa menakar cairan dalam tubuh. Di kantor saya menggunakan botol kapasitas 1 liter dan selalu saya upayakan untuk menghabiskan 2 botol selama di kantor (jam 7.30-14.30).

Sehingga air yang saya minum di luar jam tersebut adalah bonus yang bisa digunakan tubuh untuk kelembaban kulit, kelancaran pencernaan dan lain sebagainya. Yuk, hidup sehat dari hal sederhana šŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s