Balita · Ibu Hamil

[Video] Sebaiknya Hamil Lagi Setelah 1000 Hari, Kenapa?

twitter-default
1000 days of life

Pasti sudah familiar istilah 1000 hari pertama kehidupan (HPK), karena pemerintah dan swasta (terutama produsen susu) gencar melakukan promosi tentang pentingnya 1000 HPK. Namun kebanyakan orang belum tahu akan hal ini sehingga menyepelekannya.

Sebagai bukti, ketika saya bertanya kepada ibu-ibu sebelum melakukan konseling atau penyuluhan, kebanyakan ibu menjawab 1000 HPK di mulai dari usia anak 1 hari atau ketika bayi baru lahir. Padahal 1000 HPK di mulai dari awal kehamilan sampai anak berusia 2 tahun. Tepatnya 270 hari di dalam kandungan ibu dan 730 hari (2 tahun) di dunia.

Sangat penting menjaga asupan gizi dan kesehatan ibu selama kehamilan, karena pembentukan jaringan otak dan tubuh dimulai dari kandungan. Janin dalam kandungan sangat bergantung dengan keadaan kesehatan ibu dan apa yang ibu makan.

Jika ibu dalam keadaan sakit (malaria, toksoplasma, tifus, dsb) dan kekurangan gizi (kurang energy kronis, anemia, dsb) maka perkembangan janin pun akan terganggu, janin akan terlahir cacat, premature bahkan meninggal.

Menurut saya jauh lebih penting untuk memperhatikan apa yang dimakan ibu selama hamil dibanding berusaha keras membujuk anak makan ketika dia sudah berusia diatas 2 tahun.

Ketika anak terlahir kedunia, baiknya kita memberi perhatian khusus untuknya hingga usia 2 tahun. Sangat saya sarankan untuk tidak punya anak lagi sebelum 2 tahun (1000 hari). Anak harus benar-benar diperhatikan dan dipastikan mendapat asupan gizi serta pola asuh yang terbaik.

Mulai dari pemberian ASI eksklusif usia 0-6 bulan sampai pemberian MP Asi 6-24 bulan. Di masa pemberian MP Asi inilah yang banyak menuntut kesabaran, ketelatenan, pengetahuan, dan perhatian seorang ibu.

Bagaimana cara ibu menyuapkan makan, apa yang ibu suapkan, dan kapan ibu memberikan makan harus sesuai dengan aturan dan kebutuhan anak.

Jika anak mampu melewati masa ini dengan baik, maka pemberian makan untuk selanjutnya tidak akan menjadi masalah untuk ibu.

Tidak akan terdengar lagi anak-anak yang susah makan. Karena lewat dari 2 tahun anak sudah mampu makan sama seperti apa yang keluarganya makan. Sehingga ibu bisa menambah anak lagi jika diinginkan.

Di sini saya akan coba membagikan video tentang apa saja yang harus ibu lakukan selama 1000 HPK. Selamat menonton 🙂

Iklan

2 respons untuk ‘[Video] Sebaiknya Hamil Lagi Setelah 1000 Hari, Kenapa?’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s